HTC Radar , with Mango


Selama ini kehadiran sistem operasi terbaru Windows Phone v7.5 (Mango), selalu dikaitkan dengan Nokia. Ini terkait langkah vendor asal negeri Finlandia itu yang memutuskan menjalin hubungan dengan Microsoft. Tapi ternyata HTC, vendor asal Taiwan, yang mencuri start dengan meluncurkan ponsel berbasis Windows Phone Mango lebih dulu ke pasar Indonesia, melalui tipe HTC Radar. Sekitar setahun lalu HTC juga pernah mengeluarkan ponsel berbasis Windows Phone v7.0, yaitu HTC HD7 dan HTC 7 Mozart.

HTC memoles Radar dengan paduan warna putih dan silver. Sisi depan didominasi bahan glossy di bagian layar. Bagian bodi lainnya berbahan plastik kesat berkontur mirip stainless steel. Lekuk bodi Radar cukup ergonomis, sehingga nyaman digenggam.Bodi ponsel ini tidak begitu tebal, namun cukup berbobot saat digenggam. baterai di ponsel ini menyatu dengan bodi sehingga tidak bisa dilepas

Layaknya ponsel lainnya, Radar juga dihiasi dengan port universal, yaitu MicroUSB dan lubang jack audio 3,5 mm. Port MicroUSB diletakkan di bodi kiri, fungsinya sebagai masukan kabel data sekaligus charger. Saat mengkoneksikan Radar ke PC, diminta untuk menginstall software Zune agar bisa sinkronisasi musik/foto/video atau update software. Ponsel ini tidak dibekali slot memori eksternal. Jadi untuk menampung berbagai file, hanya mengandalkan memori internal. Radar dibekali memori internal 6 GB


Layar
Radar membawa layar berukuran 3,8 inchi yang disuntikkan daya 16 juta warna 480 x 800 pixels. Tampilan layar pun terlihat tajam. User interface (UI) Windows Phone 7.5 (Mango) bernampilan tak ubahnya versi terdahulu (v.7). Namun jika dibandingkan dengan OS lainnya (Android, iOS,Symbian), maka Windows Phone menawarkan UI yang berbeda. Salah satunya ikon menu utama yang disusun hanya 1 baris yang bisa diusap ke atas dan bawah.
Di bawah layar ditempel tombol Back, Home, Search berjenis touchpad.      

UI (User Interface ) Windows Phone menyuguhkan tampilan berbeda. Saat diaktifkan dari keadaan standby (tekan tombol On/Off), akan tampil lock screen. Di lock screen  inilah bisa gonta-ganti wallpaper. Untuk meng-unlock layar, usap lock screen ke atas, akan muncul tampilan beberapa kotak (mirip widget) yang berisi menu tertentu. Lalu usap layar ke kiri untuk melihat menu utama. Tampilan menu utama disusun hanya 1 baris dan hanya bisa diusap ke atas/bawah.
Pengujian : menjelajah berbagai tampilan menu
Nilai : 3,2
Catatan : layar dibenamkan sensor gerak untuk autorotate, tapi hanya berfungsi saat sudah masuk ke menu.


Kamera
HTC Radar membawa kamera 5 megapixels. Dilengkapi fitur Scenes (portrait, landscape, sport, backlight, macro), Effect, Panorama, Burst Shot, White Balance, Brightness, Saturation, Sharpness, ISO, Face Detection, LED flash, Digital zoom dan Autofocus. Kamera bisa merekam video High Definition (720p).Ponsel ini juga menyertakan kamera sekunder berdaya VGA yang diletakkan di atas layar, bisa untuk memotret, merekam video atau video call. Butuh 2 detik untuk menghasilkan foto. Disediakan Photo Enhancer untuk mengedit foto.

Office
Bisa ditebak, fitur olah dokumen menjadi salah satu yang diunggulkan. Windows Phone membawa fitur Office yang sudah full version, jadi bisa membuka, mengedit dan membuat file baru langsung di ponsel ini. Di Office juga ada Explore OneNote, serta ada Microsoft SharePoint Server 2010 untuk menyimpan, melihat dan mengedit dokumen secara online. Juga ada Office 365 untuk mengakses dokumen Office, email, calender dan contact secara online. juga didukung fitur SkyDrive, yang merupakan layanan berbasis cloud.

Internet
Layaknya ponsel bergenre smartphone lainnya, HTC Radar juga sanggup menyediakan akses internet berkecepatan tinggi, yaitu mencapai HSDPA (14,4 Mbps) dan HSUPA (5,76 Mbps). Tidak lupa disediakan akses WiFi. Untuk browsernya disediakan Internet Explorer yang bisa membuka beberapa situs sekaligus). Untuk Zoom In/Out halaman situs bisa di-pinch atau doubel tap. Situs yang dibuka bisa ditampilkan dalam versi mobile atau desktop. Disediakan Bing sebagai fitur pencarian online, caranya sentuh tombol Search di bawah layar.

Hiburan
Fitur hiburan yang disediakan antara lain : Music, Videos, Podcast, Radio dan Games. Bahkan gamesnya didukung Xbox Live, yang tidak hanya bisa download games, tapi juga bisa bermain secara multiplayer (Games Hub). Menonton video terasa puas, karena videonya berkualitas HD, plus layarnya luas dan tajam. Saat memutar musik atau radio, suara yang terdengar begitu nyaring dan jernih. Karena sudah didukung fitur Sound Enhancer (Dolby Mobile and SRS surround sound). Untuk mencari aplikasi atau game lainnya, bisa mengunjungi MarketPlace, toko aplikasi yang disediakan Microsoft.

Market Place
Sama seperti sistem operasi lainnya, Windows Phone juga menyediakan toko aplikasi online, yang diberi nama Market Place. Di sini disediakan berbagai aplikasi dan games, ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Bahkan di Market Place juga disediakan konten berupa Music dan Podcast. Untuk masuk ke Market Place, harus sign in terlebih dahulu menggunakan akun Windows Live ID. saat dicoba membuat akub Windows Live, selalu muncul keterangan server sedang tidak bisa diakses

HTC Hub & HTC Watch
HTC juga menyertakan fitur buatan sendiri. Seperti HTC Hub, di dalamnya ada tampilan HTC sense berupa waktu dan kondisi cuaca secara real time. Selain itu jug ada fitur Stocks, News dan Features (aplikasi lainnya buatan HTC, seperti Photo Enhancer, Sound Enhancer, Converter, Flashlight, dll). HTC juga membawa fitur HTC Watch, fitur ini bisa mengakses ke salah satu katalog film terbesar, salah satunya disediakan oleh The Green Hornet Movie.  di HTC Watch, bisa membeli atau menyewa film secara digital dan langsung mengunduhnya. 

Kinerja :
Sama dengan Windows Phone v7.0, tampilan UI HTC Radar terasa simpel tapi begitu atraktif. Kinerjanya pun cepat, termasuk saat sedang membuka beberapa fitur sekaligus. Ini berkat dukungan prosesor berkecepatan 1 GHz plus RAM 512 MB. Fitur yang dikandungnya pun sudah memenuhi kriterai samrtphone zaman sekarang. Seperti akses internet cepat, hiburan lengkap, kamera resolusi tinggi, navigasi via peta digital, serta tambahan aplikasi via aplication store.


Dimensi : 120,5 x 61,5 x 10.9 mm
Berat : 137 gram
Jaringan : GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz; HSDPA 900 / 2100 MHz
Sistem Operasi : Windows Phone 7.5 (Mango)
Prosesor : 1GHz Qualcomm

Layar : capacitive touchscreen
Kedalaman warna : 16 juta warna
Ukuran : 3.8 inchi
Resolusi : 480 x 800 pixels (WVGA)

Memori
Internal : 6 GB storage
Eksternal : -
Phonebook : Ada, dinamis

Konektivitas
GPRS : Up to 114 kbps
EDGE : Up to 560 kbps
HSDPA : 14.4 Mbps
HSUPA : 5.76 Mbps
WiFi : 802.11 b/g/n
Kabel Data : microUSB
PC Sync : Ada
Bluetooth : ada, A2DP

Call Feature 
Speed dial : ada
Voice dial : ada
Photo caller ID : ada
Video call : ada

Messaging
Long SMS : ada
MMS : ada
E-mail : ada
Instant Messaging : ada

Kamera
Resolusi Max : 5  Megapiksel (2592 x 1944 pixels)
Auto Focus : ada
Macro: ada
Flash Light : ada
Digital Zoom : ada
ISO : ada
GeoTagging : -
White Balance : ada
Brightness : ada
Scene : ada
Contrast : ada
Efek : ada
Foto Editor : ada
Kamera Sekunder : VGA

Video
Recorder : 1280 x 720 pixels (HD) @30 fps
Player : 3gp, .3g2, .mp4, .m4v, .mbr., .wmv (Windows Media Video 9 and VC-1)

Musik
Player : m4a, .m4b, .mp3, .wma (Windows Media Audio 9)
Equalizer : ada
Shuffle : ada
Play List : ada
Downloadable : ada
A2DP headset : ada
Ringtone : MP3,MIDi
FM Radio : ada

Internet
Browser : ada, WEB/WAP
Full XHTML : ada
Zoom : ada
Auto Configuration : ada
Modem : ada

Games
Embeded : -
Downloadable : ada

Fitur Lain
WiFi Tethering: ada
GPS : ada
Digital Compas : ada
Bing Maps : ada
Alarm : ada
Calculator : ada
Calender : ada
DLNA : ada
Internet Explorer : ada
Notes : ada
Office : ada
Market Place : ada
Xbox Live : ada
HTC Hub : ada
HTC watch : ada
Photo Enhancer : ada

Baterai
Tipe : Lithium Ion
Kapasitas : 1.520 mAh
Standby time : 480 – 535 jam
Talk time : 485 – 600 menit
 

Leave a Reply