Playstation Vita , for Next Generation Player


PlayStation Vita [kehidupan dalam bahasa Latin] dipilih Sony sebagai nama baru konsol genggam penerus PSP. Dari sisi varian, tersedia dua versi PlayStation Vita. Versi yang hanya menggunakan Wi-Fi dibanderol seharga USD 249 dan yang dilengkapi konektivitas 3G dihargai USD 299.

Berbekal panel OLED sebesar 5 inch, konsol portable ini dibungkus bahan plastik yang membuatnya lebih ringan dari PSP namun terasa lebih berat dari smartphone pada umumnya.


Tombol start, select dan power kini didesain dengan bahan glossy mengkilap, dengan kombinasi bahan plastik. Dibanding PSP atau joystick dualshock 3, secara umum penampakan tombol arah tampak lebih kecil namun tetap nyaman digengggam.

Di bagian belakang, terdapat tombol port koneksi seperti USB atau kabel jaringan. Tombol transparan di ujung kanan dan kiri terasa tak jauh beda dengan ukuran PSP.

Yang berbeda, PlayStation Vita pun memiliki tombol layar sentuh yang di desain multitouch di bagian belakangnya. Beberapa game baru pun bisa memanfaatkan fitur ini.

Urusan grafis, PlayStation Vita disebut memiliki kualitas setara dengan PS3. Secara spesifikasi, konsol genggam ini memiliki prosesor ARM Cortex A9 (core) CPU, SGX543MP4+ GPU, serta motion-sensing system enam arah.

Fitur2 dari PlayStation Vita:
Tampilan grafis setingkat PS3
Dual analog stick
Layar sentuh kapasitif OLED 5 inch
Rear-multitouch pad
Prosesor ARM Cortex - A9 (4 core)
3G, Wifi, Bluetooth, GPS
Dual kamera
Kemampuan jejaring sosial
Game disimpan dalam memori flash

Ini beberapa game yang bisa dimaenin di PS Vita :

1. Uncharted: Golden Abyss


Petualangan Nathan Drake dalam Uncharted: Golden Abyss memiliki karakter dan lokasi baru. Terdapat pemandangan hutan lebat lengkap dengan lingkungannya. Latar belakangnya mencolok dengan efek pencahayaan spektakuler. Gerakan animasi Drake sangat halus. Game dapat dimainkan menggunakan layar sentuh.

2. Wipeout 2084


Permainan futuristis PlayStation sejak tahun 1995 ini dibuat di studio Sony di Liverpool. Balap mobil anti gravitasi ini dilengkapi fitur mampu melawan pembalap lain di Wipeout HD Fury.

3. ModNation Racers


Game trek balapan ini dikembangkan United Front Games untuk PlayStation 3 dan PlayStation Portable. Pemain bisa merancang dan membuat karakter kendaraan dan trek balap secara rinci. Modifikasi trek balap menggunakan alat track studio yang sudah tersedia. Pemain juga bisa memilih 29 jenis tempat untuk jalur trek.

4. Little Deviants


Bigbig Studios sengaja menciptakan Little Deviants untuk mendapatkan keuntungan dari fitur-fitur yang terdapat di dalam PlayStation Vita. Permainan tersebut memanfaatkan layar sentuh, sensor gerak, kamera, mikrofon dan elemen penambah realitas.

5. Sound Shapes


Permainan berplatform grafis sederhana ini menggunakan musik sebagai pengait untuk mengambil pemain. Pemain bertugas mengumpulkan blok di seluruh tingkat dan menghindari hambatan. Saat mengumpulkan blok, sistem akan menambahkan elemen musik baru pada skor.

6. Gravity Daze


Bintang game Gravity Daze adalah seorang gadis remaja berambut pirang bernama Kat. Ia terdampar di sebuah kota bernama Hexaville tanpa mengingat caranya sampai di sana. Ketika sedang mengejar kucing di taman kota, kekuatan ajaib menerpanya. Tubuhnya pun berada di gravitas nol.

7. Hot Shots Golf


Permainan golf ini menyuguhkan grafis tajam, kru golf dan para caddy dengan pakaian menarik. Pemain bisa terlibat pada aksi turnamen online di PlayStation Vita dan menciptakan angka terbaik.

8. LittleBigPlanet


Pemain mengontrol karakter bernama Sackboy untuk berkeliling dunia dengan melompat dan meraih benda. Berbagai multiplayer tersedia dan dilengkapi platform mini non-game. Fitur Pass’n’Play pada PlayStation Vita mampu menciptakan permainan secara online dengan PlayStation Network.

9. Tekken Versus Street Fighter


Karakter petarung favorit melalui pertempuran seru hadir dalam game untuk PlayStation Vita ini. Akan ada karakter tamu, yaitu Cole McGrath dari permainan Sony ‘Infamous’.

10. Hustle Kings


Permainan biliar dengan integrasi kontrol layar sentuh ini menggunakan sentuhan kombo dan kontrol stik analog untuk menembak sasaran. Kesulitannya adalah mengambil gambar dalam variabel luas. Namun bisa mengatur panduan tepat dimana bola akan dipantulkan. Pemain bisa chatting dalam game menggunakan mikrofon NGP.

sumber :

Leave a Reply