Augmented Reality, Art for Future


Pernah liat Tony Stark di Iron Man 2 ? Nah, kali ini saya mau bahas yang ada hubungannya sama film mantep ini. Menurut kalian teknologi canggih di film ini beneran ada ga di dunia nyatanya ? Data-data yang bertebaran tanpa layar atau semacamnya sama perlengkapan robot yang gampang banget dioperasiin. Mungkin keliatan mustahil ya kalo beneran ada.

Tapi, sebenernya teknologi macam itu udah mulai dikembangin lho di dunia nyata. Namanya itu teknologi Augmented Reality. Augmented Reality (AR) itu sebenernya penggabungan antara dunia virtual dan dunia nyata yang berinteraksi dalam 3D secara realtime yang menggunakan internet. Perangkat yang digunakan untuk mencoba teknologi ini, hanya sebuah kamera dan koneksi internet.

Saat ini, teknologi Augmented Reality udah diterapkan di berbagai jenis gadget tebaru. Bahkan teknologi ini juga diterapkan di majalah atau media2 cetak lainnya [biasanya make QR Code]. Contoh yang udah sering kita lihat yaitu pada pertandingan bulutangkis sama sepakbola. Di lapangan permainan bulutangkis itu biasanya ada iklan yang sering ganti-ganti selama pertandingan. Kalo di lapangan sepakbola itu komentator  olahraga sering menggunakan pena cahaya untuk “menggambar” untuk memberikan bantuan visual untuk rekan komentatornya. Nah itu contoh teknologi AR yang udah diterapin.


Tujuan utama dari sistem AR ini akan berwujud sebagai sebuah kacamata atau proyektor retina yang akan menyediakan tampilan informasi yang relevan, dipetakan ke lingkungan sekitarnya secara realtime. Misalnya, saat melihat sebuah restoran dengan kacamata Augmented Reality, maka satu panggilan otomatis langsung ke database review, atau menu dari website restoran tersebut. Seorang ilmuwan yang bekerja pada perusahaan farmasi bisa menggunakan kacamata untuk menampilkan model 3D dari berbagai molekul dan menggunakannya untuk memvisualisasikan obat yang lebih baik.


Kalo belum paham betul mengenai teknologi ini, disini ada videonya.



Teknologi AR saat ini banyak ditemukan di smartphone2  berlayar sentuh seperti iPhone, Android, dan Blackberry. Salah satu aplikasi yang sudah memakai teknologi ini adalah Layar Stream. Layar Stream mengkombinasikan antara informasi dari komputer ke dalam kehidupan yang sesungguhnya dalam sebuah ponsel. 

Layar Stream akan memberikan informasi detail secara real-time mengenai suatu tempat yang ditangkap oleh kamera ponsel. Misalnya, ketika kita berada di suatu objek wisata dan pengen tahu lebih jauh tentang tempat tersebut, kita cuma perlu mengarahkan bidikan kamera melalui aplikasi Layar Stream dan aplikasi ini akan memberikan informasi detail mengenai tempat ini. Tidak hanya tempat wisata, Layar Stream juga mampu menampilkan informasi mengenai restoran, hotel, atau apapun yang berhasil ditangkap kamera ponsel [yee ..].


Untuk menggunakannya kita hanya membutuhkan layanan GPS, koneksi internet, kamera ponsel, dan aplikasi Layar Stream tentunya. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis untuk ponsel berbasis Android dan iPhone.




Selain aplikasi Layar Stream, beberapa aplikasi berbasis teknologi AR yang tersedia untuk smartphone-smartphone high-end sebagai berikut. 




Pocket Universe: Virtual Sky Astronomy
Yang pertama buat iPhoners. Aplikasi star map ini akan memberikan penjelasan mengenai bintang-bintang, planet, dan rasi bintang secara detail. Aplikasi ini tidak memerlukan koneksi internet, Pocket Universe memiliki data tentang 10000 bintang, 88 rasi bintang dan fase bulan. Fitur “tonight’s sky” menampilkan hujan meteor dan planet-planet yang tampak dari lokasi kita berada.




Wikitude World Browser
Wikitude World Browser adalah sebuah browser berteknologi Augmented Reality yang memungkinkan user menjelajahi lingkungannya dengan cara yang benar-benar baru. Tinggal ambil ponsel, buka Wikitude World Browser, dan kamera akan menunjukkan apa saja yang terjadi di lingkungan sekitar [tweets, wiki entries, events, ATMs, restaurant, dll.]. Aplikasi ini tersedia buat iPhone, Android, sama Blackberry




AugMeasure
AugMeasure digunakan untuk mengukur jarak menggunakan kamera iPhone. Augmeasure menampilkan jarak [hingga 30 cm atau 12 inchi] dari lapisan layar iPhone ke benda sebenarnya yang akan berubah sesuai dengan pergerakan ponsel. 




Car Finder
Seperti namanya, aplikasi adalah sebuah solusi bagi yang sering kesulitan menemukan jalan kembali ke mobil dalam area parkir yang sangat luas. Sewaktu lokasi mobil ditetapkan, Car Finder membuat suatu penanda yang menampilkan mobil anda, jaraknya pergi, dan ke arah mana akan dituntun. Aplikasi ini tersedia untuk iPhone. 




TagWhat 
TagWhat pada dasarnya adalah sebuah aplikasi jejaring sosial yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk nge-tag apapun yang mereka lihat di depan mereka menggunakan fitur tag.




Wikitude Drive 
Wikitude Drive adalah aplikasi navigasi Android yang juga menggunakan teknologi AR untuk menambahkan rute langsung pada jalan yang menjadi bidikan kamera Android. Aplikasi ini akan sangat membantu layaknya seorang pemandu wisata. 




Space InvadAR
Space InvadAR sebenarnya adalah sebuah game berbasis visi yang menggunakan teknologi AR. Tinggal arahkan kamera ponsel Android pada sebuah gambar beresolusi tinggi kemudian Space InvadAR akan menjalankan game yang tepat sesuai dengan gambar tersebut. 



Segitu aja dulu yoo. Semoga teknologi Iron Man ini bisa berkembang lebih baik dan bisa memudahkan pekerjaan di semua bidang dan juga tentunya tersedia buat semua kalangan deh.

 
Sumber : 

Leave a Reply